Minggu, 16 September 2012

Sepeda Onthel Klasifikasi

KLASIFIKASI SEPEDA ONTHEL
 
Sepeda onthel dalam dunia sepeda internasional diklasifikasi sebagai Dutch old style bicycle. Sepeda dengan ban ukuran diameter 28 nchi, kemudian menggunakan rangka 57, 61 atau 66 cm adalah cocok dengan perawakan orang-orang Belanda yang konon terkenal sebagai bangsa Eropa yang memiliki tinggi badan tertinggi dibanding bangsa-bangsa Eropa lainnya. Di Indonesia, tipe sepeda ini memiliki banyak nama alias seperti sepeda kebo, sepeda unta dan sepeda jawa. Menurut www.dutchbikeseattle.com, Sepeda onthel memiliki varian-varian berdasarkan gender, fungsi dan bentuk. Berdasarkan gender, sepeda onthel dibedakan menjadi sepeda pria (heren atau opa fiets) dan sepeda wanita (dames atau oma fiets). Secara sederhana, opa fiets dikenali dari bentuk rangka horizontal, sedangkan oma fiets dikenali dari bentuk rangka yang melengkung ke bawah.
 
Kemudian klasifikasi sepeda onthel menurut fungsi dibedakan menjadi sepeda angkut ringan (transport fiets), sepeda angkut berat (bak fiets), sepeda pendeta (abbey fiets) dan sepeda tandem (tandem fiets). Pada transport fiets, barang bawaan akan diletakkan pada kerangka angkut yang terletak di atas ban depan. Kemudian rangka horizontal didesain rangkap untuk memperkuat struktur rangka yang menahan beban di depan.
Bak fiets dirancang untuk mengangkut barang bawaan yang lebih berat atau besar yang tidak bisa diangkut dengan transport fiets. Pada masa kini, desain ini dikembangkan lebih lanjut untuk mengangkut bayi.
Banyak orang menganggap abbey fiets sama saja dengan kruisframe fiets, padahal keduanya adalah serupa tetapi tak sama. Desain silang pada abbey fiets sebetulnya merupakan simbolisasi dari salib yakni lambang agama kristen. Abbey fiets digunakan pada pendeta atau pastur dalam menjalankan misi keagamaan untuk menyebarkan agama kristen. Perbedaan dengan kruisframe fiets adalah desain rangka silangnya benar-benar menyatu sebagaimana desain salib, sedangkan pada kruisframe fiets, desain rangka silangnya hanya sekedar mengapit.
Sepeda tandem selalu terlihat unik bila dipandang. Bagi sebagian orang, mereka barangkali menganggap sepeda tandem hanya sekedar untuk perlengkapan sirkus yang biasa dikendarai oleh para badut. Namun secara teknis, desain sepeda ini mencoba membagi beban tenaga antara pengendara dan pembonceng agar sama-sama capai. Bentuknya yang panjang terkadang menyusahkan pada belokan jalan yang tajam.
Lalu klasifikasi sepeda onthel ketiga didasarkan pada variasi desain rangka yakni rangka silang (kruisframe fiets) dan rangka angsa (swan fiets). Sebagaimana sudah dijelaskan di awal, kruisframe fiets memiliki desain silang yang berbeda dengan abbey fiets. Sepeda model ini menggunakan rangka silang lebih dalam rangka memperkuat struktur rangka sepeda secara keseluruhan.
Orang-orang juga sering menyamakan antara oma fiets dengan swan fiets. Keduanya memang seperti anak kembar tetapi tidak identik. Selain perbedaan mencolok pada rangka bawah yang melengkung seperti leher angsa dan tinggi sepeda yang lebih rendah dibandingkan oma fiets. Swan fiets didesain untuk memberikan kemudahan lebih dalam mengendarai sepeda, karena relatif lebih pendek dari sepeda normal dan cekungan rangka bawah cukup rendah sehingga memberikan ruang kaki yang lebih nyaman.


sumber http://www.sepedaonthel.com/

Tentang Sepeda Pos

SEPEDA POS 



Sepeda pos adalah sepeda dengan ciri khas yakni ban depan ukuran 20 inchi dan ban belakang ukuran 26 inchi. Nama sepeda pos sudah menjadi semacam nama kategori produk, padahal sesungguhnya sepeda sejenis ini tergolong sebagai sepeda transport. Nama pos yang identik dengan sepeda ini mungkin timbul karena penggunaan luas sepeda tipe ini menjadi sepeda dinas resmi kantor pos di negara-negara Eropa dan Indonesia. Sepeda pos yang digunakan Kantor Pos Indonesia tahun 1950-an adalah bermerek Falter buatan Jerman Barat. Karakteristik pokok untuk sepeda pos Falter adalah menggunakan hub belakang torpedo sachs, gir bintang dengan ukuran rantai lebar 0,5 cm, rem depan model stempel melalui baut setang. Sepeda pos adalah sepeda yang menarik untuk dikoleksi, selain populasi yang relatif terbatas di Indonesia yakni di bawah 100 unit, juga sepeda ini terlihat sangat unik. Selamat berburu! 

sumber http://www.sepedaonthel.com/
Sepeda Kantor Pos & Giro Indonesia
Sepeda Pos Falter Hasil Restorasi
Aneka Sepeda Pos Dari Eropa

SIMPLEX 1924

PORTFOLIO SIMPLEX 1924
Akhirnya terjawablah sudah rasa penasaran yang selama ini menghinggapi untuk mengetahui profil sepeda Simplex era sebelum tahun 1930-an. Berdasarkan referensi Katalog 1924, untuk tipe sepeda standar (tidak termasuk tipe sepeda Dients, Transport dan Sport), terdapat 3 varian sepeda Simplex yakni:
  1. Simplex Cyloide
  2. Rijwiel Simplex
  3. Rijwiel Radium.
Untuk ketiga tipe tersebut, Pabrikan Simplex memproduksi 3 ukuran tinggi sepeda Heeren yakni: 580 mm, 620 mm dan 680 mm. Kemudian untuk sepeda Dames, terdapat 3 ukuran tinggi Dames yaitu: 520 mm, 560 mm dan 600 mm. Konfigurasi tinggi sepeda nampak berbeda dengan konfigurasi yang umum pada sepeda Belanda yang lebih baru.

Tentang Simplex

Sepeda Simplex
Tahun 1887 : pabriknya didirikan di Utrecht Stationdwarsstraat (di Jalan Stasiun) dengan nama “Simplex Automatic Machine Company”.
Pendirinya seorang berkebangsaan Inggris, Charles Bingham.
Tahun 1890 :  Simplex memulai produksi sepedanya secara lengkap / utuh.
Piet Leeuwenberg dari Dekft pendirinya dan Charles Bingham masuk menjadi dewan direksinya tahun 1893. Keluarga Leeuwenberg menjadi wakil direksinya sampai tahun 1954.
Produksi sepeda Simplex pada tahun1896 telah mencapai 5000 buah sepeda setelah pindah tempat di Overtoom, Amsterdam. Tahun inilah Simplex mendapatkan status sebagai pabrik sepeda terbesar di Amsterdam.
Tahun 1899 : pabrik sepeda ini bernama NV Simplex, pabrik mesin, sepeda, dan motor.
Tahun 1908 : Simplex meluncurkan sebuah model sepeda roda tiga (khususnya untuk mengangkut orang sakit). Model ini secara tidak langsung untuk angkutan jarak jauh.
Tahun 1939 : Simplex memperkenalkan sebuah sepeda alumunium dengan berat 12 kg.
Produksi terhenti akibat perang antara tahun 1943 akhir tahun 1945.
Tahun 1952 : Simplex bergabung dengan Locomotief, dan sekitar tahun 1960 telah menghasilkan 55.000 sepeda. Berarti telah memberikan kontriusi 10% dari produksi sepeda di Belanda.
Produksi Simplex meningkat sampai 70.000 setelah pindah ke pabrik yang lebih besar di Jalan Pilot (Pilotenstraat Amsterdam).
Tahun 1955 : adalah tahun produksi Simplex yang ke Satu Juta unit sepeda.
Tahun 1967 : Simplex, Locomotief dan Junke bergabung menjadi gabungan pabrik sepeda Belanda (Verenigde Nederlandse Rijwielfabriek)
Tahun 1968 : Gazelle mengambil alih perusahaan Simplex
Tahun 2000 Gazelle menjual nama merek Simplex pada sebuah gabungan pembeli roda dua dari Jerman (ZEG) yang juga aktif di Belanda
Sumber : Theo matthijs and Herbert kuner, ©1999-2006

Tentang Sepeda Rudge


Sepeda ini diambil dari nama pembuat perusahaan sepeda ini berrnama Daniel Roudge (1840-1880) dari Inggris. Desain dan karyanya diminati para pencinta sepeda di zaman itu, sehingga di hargai dengan nilai yang tinggi (mahal). Sepeda ini memiliki nomor paten dari Inggris 526-1878. Roudge mengenalkan sepeda bersuspensi pertama di dunia tahun

Tentang Fongers

Klik voor vergrotingDalam paruh kedua tahun delapan puluhan dimulai Albert Fongers pada setiap sepeda skala, namun menempa masih serba-. Dengan demikian perusahaan pada tahun 1890 sebagai berikut dalam kop surat perusahaan: "Pabrik kereta, sepeda, kesal, dll (The Factory Sepeda Groninger) / Aksesori untuk shoeing / Kasar, Seni, Blacksmith Rupa '.
Terobosan dari Fongers sebagai produsen nasional terjadi pada tahun 1895 selama pameran di Istana Amsterdam Perindustrian, diselenggarakan oleh Asosiasi yang baru terbentuk Industri Sepeda Belanda. Ada tidak Fongers kehadiran merasa dengan beberapa model dengan harga yang jauh lebih rendah yang ditawarkan merek Inggris, Amerika dan Jerman saat itu. Persaingan di industri sepeda berada di era kapitalisme tinggi pada lokasi tepi pisau cukur itu.
Sepeda biaya pertengahan tahun 90an setidaknya 200 gulden, lebih banyak daripada gaji tahunan seorang pekerja. Sepeda adalah barang mewah, hanya tersedia untuk mantel sosial. Ilustrasi ini adalah kenyataan bahwa memiliki sepeda pada tahun 1899 sebagai dasar ditambahkan ke pajak pribadi. Bentuk pertama dari pajak sepeda akan dihapuskan hanya pada tahun 1919.
Dari pertengahan tahun 90an, penjualan Fongers dengan pesat. Keputusan ini didukung oleh sejumlah investor swasta untuk mendirikan sebuah perusahaan terbatas. Pada 1 September 1896 'NV The Groninger Sepeda Pabrik A. Fongers, sebelumnya di bawah nama A. 'Fongers didirikan. Manajemen SA bersama-sama dimiliki oleh Albert dan Fongers Ties. NV menerima Dewan Pengawas dengan J. industri besar Scholten sebagai presiden.
Dengan modal akumulasi sebesar $ 400.000 (400 saham fl 1000), konstruksi dan desain dari pabrik baru di Hereweg Groningen-Zuid didanai. Bangunan, yang pada Maret 1897 yang harus diambil, terdiri dari tiga pilot masing-masing dengan panjang 100 meter dan sebuah bangunan neo-Renaissance, kebanggaan kewirausahaan diperlukan terpancar. Di bangunan utama, manajemen dan fungsi administrasi ditempatkan. Di jalanan adalah Groninger penjualan anak perusahaan dengan belakang sekolah yang besar. Para pilot lokakarya terletak di mana Fongers membuat akan dibuat. Sebuah artikel oleh Frans Netscher (editor Champion) tahun 1902 tentang perusahaan meliputi kutipan berikut, bersaksi pada romantisme industri dari periode ini: "Di sini kumis mesin bubut, ada menggerogoti baja penggilingan off, hum sedikit lebih latihan, lagi tempat yang berbeda untuk cahaya soldeervuren. "

sumber http://www.fongers.net

Tentang Gazelle Bicycle

Sejarah Sepeda Gazelle


Tahun 1892
Willem Kolling, yang bekerja sebagai agen kantor pos disebuah desa di Belanda yang bernama Dieren, mengundurkan diri dan memulai usaha dagang sepeda dengan memesan sebuah sepeda di Inggris. Usaha dagangnya berkembang dengan sangat bagus. Kolling kemudian memulai kerja sama dengan pengecer perangkat dari besi dan kompor Rudolf Arentzen dari Dieren.

Tahun 1902
Arentzen dan Kolling membeli tanah dan bangunan baru ditempat berdirinya pabrik sekarang, dan memulai produksi sepeda. Dalam tahun yang sama, sepeda pertama kali yang bermerk Gazelle mulai dijual.

Tahun 1903
Kemudian Gazelle memperkenalkan produksi sepeda motornya yang pertama, namun tidak dibuat oleh Gazelle sendiri.

Tahun 1905
Meskipun perkembangannya berkembang bagus Arentzen mengundurkan diri dari perusahaan itu. Posisinya digantikan oleh Hendrik Kolling, Saudara Willem Kolling.

Tahun 1912
Dengan perluasan besar-besaran terhadap tanah dan bangunan awal mereka, dan dengan alat permesinan yang modern dan spesialis, rencana produksi sendiri bisa direalisasikan sepenuhnya. Mereka memiliki spesialisasi dalam pembuatan sepeda lengkap. Sementara itu aktivitas perdagangan borongan Gazelle menjadi semakin penting.

Tahun 1915
Keluarga Kolling dan kemenakan mereka Jan Breuking mengganti nama perusahaan menjadi " N.V. GAZELLE Rijwielfabriek v/h Arentzen en Kolling ". Dalam dua puluh lima tahun berikutnya perusahaan ini mengalami pertumbuhan yang mantap.

Permintaan dari Outlet domestik serta permintaan international meningkat secara signifikan. Hal ini juga karena pasar yang berkembang bagi sepeda Gazelle di Indonesia, yang pada saat itu menjadi Koloni Belanda. Disamping sepeda-sepeda standar, beberapa sepeda bermotor, Delivery Bicycles dan Carrier tricycle ( sepeda muatan tiga roda ) diproduksi untuk berbagai sektor industri.

Tahun 1930-1931
Gazelle memperkenalkan model kerangka silang 9X dan 8V

Tahun 1931
Berbagai variasi merk Invicta muncul dalam katalog Gazelle, sementara itu merk Gelria juga diperkenalkan.

Tahun 1935
Gazelle memperkenalkan tandem pertama yang sangat populer dalam tahun-tahun sebelum perang dunia kedua. Pada tahun perkenalannya, 600 unit tandem segera terjual.

Tahun 1937
Sepeda listrik yang digerakkan oleh akumulator 12 V dan didesain oleh Philips diproduksi oleh lima pembuat sepeda yang terkenal di Belanda. Diantara mereka, Gazelle adalah yang paling penting dan mereka memproduksi 117 sepeda jenis ini.

Tetapi sepeda jenis ini tidak pernah sangat populer. Seperti bagi banyak perusahaan belanda lainnya, perang merupakan masa yang sulit bagi Gazelle, sebagian mesin pabrik dibongkar oleh tentara jerman yang menduduki dan diangkut ke Jerman. Mesin yang masih tersisa diledakkan persis sebelum kedatangan sekutu.

Selain itu , Pabrik Willem Kolling menderita kerusakan hebat akibat perang. Dalam bulan Agustus 1946 sepeda Gazelle pasca perang yang pertama tersedia dan pada tahun 1950 tersedia sepeda Gazelle dengan Clip-on Motor. Produksi Carrier Bicycle dan Carrier tricycles diteruskan.

Tahun 1954
Perusahaan Gazelle yang sebelumnya merupakan perusahaan pribadi diubah menjadi In-corporation. Pada tahun yang sama, Gazelle membuat 1.000.000 sepeda.

Tahun 1963
Diawal tahun 1963, Gazelle melakukan merger dengan Batavus dari Heerenveen. Kerja sama ini tidak bisa memenuhi harapan yang mendasari dan putus sesudah dua tahun.

Tahun 1964
Gazelle merupakan perusahaan pembuat sepeda belanda pertama yang memperkenalkan sepeda lipat ( folding bike ) yang dinami "kwikstep". Berbeda dengan sepeda lipat umum lainnya, kwikstep dilipat pada sumbu horizontal dibawah siku-siku bawah (botoom bracket) tidak pada sumbu vertikal.

Tahun 1966
Gazelle memperkenalkan kembali model tandem, kali ini jenis modern yang tidak begitu berat. pada tahun yang sama 2.000.000 sepeda Gazelle dibuat.

Tahun 1968
Gazelle mengambil alih merk Juncker, Simplex dan Locomotive serta merk moped terkenal Berini. Selain hub (poros) depan dengan rem tromol (drum-brake front hub) bermerek Gazelle, yang masih diproduksi sampai sekarang.

Gazelle juga memproduksi three-speed rear hub (poros belakang dengan tiga kecepatan) dan dengan rem teromol pada tahun enam puluhan. sesudah membuat sekitar 45.000-50.000 unit, produksi dihentikan diakhir tahun enam puluhan karena biaya yang tinggi.

Tahun 1971
Gazelle diambil alih oleh Tube Investment (TI). Nama perusahaan ini sekarang adalah " Gazelle Rijwielfabriek B.V " sebuah perseroan terbatas swasta (private limited company).
Tahun 1987 :

TI menjual divisi sepedanya kepada Derby Cycles Corp. Perusahaan multinasional dengan kantor pusat di New York ini sekarang juga memiliki perusahaan pembuat sepeda Raleigh, produsen sepeda Sturmey-Archer serta merk-merk sepeda Jerman yang terkenal Kalkhoff, Rixe, Winora dan Staiger.

Tahun 1992
Gazelle merayakan ulang tahun yang ke-100. Pada tahun yang sama,produksi total komulatifnya mencapai 8 juta unit.

Tahun 1999
Dibulan April, Gazelle mencapai tonggak sejarah baru : 10 juta sepeda telah dikeluarkan oleh pabrik. Gazelle sekarang mempekerjakan 550 karyawan dan menghasilkan lebih dari 300.000 sepeda dalam setahun.

Gazelle merupakan salah satu dari sedikit perusahaan pembuat sepeda besar yang masih membuat sendiri sebagian besar rangkanya. 20% dari total produksi diekspor ke Belgia dan wilayah-wilayah Jerman yang berdekatan.

Tahun 2001
Derby Cycles Corporation menjual Gazelle kepada dana Investasi Belanda " Gilde Buy Out Fund ". Gazelle berkembang bagus,tetapi Derby mengalami masalah finansial yang serius. Produksi tahunannya adalah sekitar 380.000 unit, sementara pangsa pasar Gazelle mencapai sekitar tiga puluh persen.

Sekarang ini, Gazelle masih menjadi pemimpin industri sepeda belanda. Sepeda Gazelle diproduksi dalam jumlah besar dan dikenal sebagai sepeda yang sangat nyaman dan tangguh Mercedes Benz-nya merk-merk sepeda Belanda.

( Sepeda muatan Gazelle yang bisa dilipat (Diproduksi pertama kali tahun 1930), kotak muatannya bisa dilipat dan chasisnya juga bisa diubah. Sepeda Gazelle bisa dilacak tahun pembuatannya dengan sangat mudah. ada daftar nomor kerangka untuk periode 1916-1950, yang berasal dari arsip-arsip Gazelle.

Gazelle menggunakan nomor kerangka langsung sampai tahun 1974. Angka pertama mengacu kepada angka terakhir tahun pembuatan. Semenjak 1981, Gazelle menggunakan nomor kerangka dengan tujuh angka. 
(Sumber : Theo Matthijs and Herbert Kuner, 1999-2006)
COMUNNITY ONTHELIS PASEWAGAN